Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tipe Bahasa Cinta dan Contohnya, Biar Gak Salah Mengartikannya

Terdapat banyak cara untuk menyatakan rasa kasih sayang dan cinta. Setiap orang pun memiliki gaya tersendiri untuk menyampaikan atau menunjukkannya. Ada yang sering memberi hadiah, hingga selalu setia menemani ke mana pun kamu pergi.

5 Tipe Bahasa Cinta dan Contohnya, Biar Gak Salah Mengartikannya

Perbedaan dalam menyampaikan bahasa ini seringkali bikin perdebatan. Meski caranya berbeda, namun intinya sama-sama cinta, lho. Biar makin paham, yuk kita intip 5 tipe bahasa cinta menurut Dr. Gary Chapman.

1. Quality Time

Tipe bahasa cinta yang pertama ini sangat menghargai waktu yang berkualitas, terutama ketika sedang bersama orang yang terkasih. Bagi mereka, memberikan sedikit waktu untuk berkumpul atau mengobrol dengan kontak mata yang baik menjadi sangatlah berarti.

Gak hanya mengobrol, terkadang sepasang kekasih ataupun keluarga berkegiatan bersama-sama. Tujuannya tentu saja untuk menikmati kebersamaan dan kehangatan yang tercipta di dalamnya. Inilah yang dirasa berharga dan gak bisa digantikan dengan apa pun.

2. Acts Of Service

Sesuai namanya, orang dengan tipe bahasa cinta ini akan merasa disayangi ketika ada orang lain yang memberikannya bantuan. Contohnya adalah ketika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka anggota yang lain membuatkan sup atau teh hangat dan membawakannya ke kamar.

Akan tetapi bukan berarti ini menjadikannya seperti 'babu' yang harus selalu mengiyakan permintaan tersebut tanpa terkecuali. Tentu saja karena ada hak untuk menolak dan juga batasan yang sudah ditetapkan.

3. Words Of Affirmation

Tipe bahasa cinta yang satu ini mengandalkan kekuatan dan keajaiban kata-kata. Mereka yang memiliki atau membutuhkan bahasa cinta ini sangat senang dengan kata-kata indah nan manis. Jika membahas soal pasangan, maka gombalan adalah salah satu contoh perwujudan dari bahasa cinta ini.

Contoh lain dari tipe bahasa ini adalah dengan memuji. Kalau kamu punya kakak yang lebih sering memujimu daripada membelikan hadiah, maka bahasa cintanya lebih dominan ke words of affirmation.

4. Physical Touch

Berbeda dengan act of service yang menunjukkan dengan memberikan 'layanan', maka bahasa cinta yang ini ditunjukkan hanya dengan cara 'menyentuh'. Sentuhan tersebut akan menimbulkan rasa disayang dan diinginkan.

 

Contohnya adalah mengelus punggung teman ketika dia bersedih, sehingga membuatnya merasa gak sendiri. Mencium pasangan setiap hari sebelum berangkat ke kantor juga akan membuat hari-harinya terasa lebih bahagia.

5. Receiving Gifts

Jangan langsung terkejut dengan tipe bahasa cinta yang ini. Bentuknya memanglah dengan memberikan sebuah hadiah ataupun kejutan. Akan tetapi makna sebenarnya lebih dalam dari itu, yaitu perhatian yang diberikan.

Gak peduli hadiahnya sangat sederhana atau bernilai fantastis, karena yang terpenting adalah kepedulian orang tersebut. Contohnya ketika sekelompok teman menyiapkan kejutan ulang tahun, maka yang membuat orang tersebut terharu adalah bahwa teman-temannya mengingat hari ulang tahunnya.

Itulah 5 tipe bahasa cinta yang harus kamu ketahui. Nah, sekarang kamu sudah bisa lebih memahami bahasa cinta yang ditunjukkan orang lain kepadamu!

Posting Komentar untuk "5 Tipe Bahasa Cinta dan Contohnya, Biar Gak Salah Mengartikannya"